Tautan-tautan Akses

Mendagri Rusia Kunjungi Saudi setelah Kunjungan Zelenskyy


Presiden Rusia Vladimir Putin, didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Vladimir Kolokoltsev, memeriksa senjata di Moskow pada 28 Februari 2019. (Foto Alexey NIKOLSKY/Sputnik/AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin, didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Vladimir Kolokoltsev, memeriksa senjata di Moskow pada 28 Februari 2019. (Foto Alexey NIKOLSKY/Sputnik/AFP)

Seorang pejabat tinggi Rusia yang menghadapi sanksi di Barat atas perang Moskow di Ukraina mengunjungi Arab Saudi dan mengadakan pembicaraan dengan mitranya di kerajaan itu pada Selasa (23/5) pagi, lapor media pemerintah Saudi.

Kunjungan Menteri Dalam Negeri Rusia Vladimir Kolokoltsev ke Riyadh terjadi hanya beberapa hari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato pada pertemuan puncak Liga Arab yang diadakan di kota pelabuhan Jeddah, Laut Merah, Arab Saudi pada hari Jumat. Kunjungan tersebut menegaskan bagaimana kerajaan dan negara-negara Teluk Arab, yang secara tradisional merupakan klien keamanan Amerika Serikat, telah mempertahankan hubungan mereka dengan Moskow di tengah perang Ukraina.

Saudi Press Agency (SPA) yang dikelola pemerintah mengatakan Kolokoltsev bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Saudi Pangeran Abdulaziz bin Saud.

“Selama sesi tersebut, mereka membahas cara untuk meningkatkan jalur kerja sama keamanan antara kementerian dalam negeri kedua negara, selain membahas sejumlah masalah yang menjadi kepentingan bersama,” kata laporan tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Media Rusia tidak segera melaporkan kunjungan tersebut.

Kolokoltsev, 62, telah dikenai sanksi oleh AS sejak 2018 sebagai bagian dari serangkaian sanksi atas aktivitas Rusia di Suriah dan Ukraina. Departemen Keuangan AS mengatakan bahwa Australia, Kanada, Uni Eropa, Jepang, Selandia Baru, dan Inggris semuanya secara terpisah telah memberikan sanksi kepada Kolokoltsev juga. AS juga menolak memberinya visa untuk berpartisipasi dalam KTT kepala-kepala polisi PBB pada tahun 2022, sesuatu yang dikritik oleh Moskow.

Sebagai menteri dalam negeri, Kolokoltsev telah menindak media-media independen di Rusia, termasuk menarget Proekt pada tahun 2021 karena bersiap untuk mempublikasikan penyelidikan tentang dugaan kekayaan dirinya. Polisi juga telah berperan penting dalam meredam setiap percobaan demonstrasi di Rusia setelah Presiden Vladimir Putin meluncurkan invasi tahun 2022 ke Ukraina.

Sejak perang di Ukraina dimulai, raksasa minyak Arab Saudi telah membeli solar Rusia dengan diskon besar-besaran, mengingat adanya sanksi Barat terhadap Moskow. Solar dengan harga lebih murah itu digunakan kerajaan tersebut untuk mengekspor produk minyak mentahnya sendiri ke luar negeri.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, putra raja yang sangat berpengaruh, juga telah mencoba memposisikan kerajaan itu sebagai negosiator potensial antara Kyiv dan Moskow untuk mengakhiri perang.

"Kerajaan siap untuk melanjutkan mediasi antara Rusia dan Ukraina dan mendukung semua upaya internasional untuk mengakhiri krisis secara politik menuju perdamaian," kata sang pangeran pada KTT Liga Arab pada hari Jumat. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG