Tautan-tautan Akses

Melbourne akan Akhiri ‘Lockdown’ dan Berlakukan Restriksi Hari Jumat


Orang-orang berolahraga di Melbourne di tengah lockdown, 2 Juni 2021. (Foto oleh William WEST/AFP)
Orang-orang berolahraga di Melbourne di tengah lockdown, 2 Juni 2021. (Foto oleh William WEST/AFP)

Kota terbesar kedua di Australia akan mengakhiri lockdown keempatnya pada hari Jumat, kata pihak berwenang.

Para pejabat negara bagian itu Rabu (9/6) mengatakan lockdown di Melbourne akan diakhiri setelah berlangsung selama dua pekan, dengan hanya satu kasus baru virus corona yang dideteksi dalam periode 24 jam terakhir, yang terkait dengan satu klaster di kota itu. Kasus baru itu membuat jumlah infeksi di klaster tersebut menjadi 68.

“Kami selalu mengatakan bahwa kami akan melonggarkan restriksi, dengan hati-hati melonggarkan peraturan yang dapat kita longgarkan,” kata penjabat perdana menteri negara bagian Victoria James Merlino kepada wartawan. Ia memuji warga karena mematuhi peraturan dan menjalani tes.

Anak-anak akan dapat kembali ke sekolah pada hari Jumat (11/6) dan restriksi perjalanan akan diubah agar warga Melbourne dapat bepergian hingga 25 kilometer untuk keperluan yang tidak penting, tidak lagi 10 kilometer seperti pada peraturan sebelumnya. Peraturan baru itu akan mulai berlaku Kamis pukul 11.59 malam.

Seluruh Australia menjalani lockdown pada Maret tahun lalu. Melbourne menjalani lockdown kedua, selama 111 hari, pada gelombang kedua yang mencapai puncaknya dengan 725 kasus baru dalam satu hari pada Agustus lalu. Lockdown ketiga berlangsung selama lima hari pada bulan Februari. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG