Tautan-tautan Akses

Meksiko Yakinkan China Perjanjian Dagang Baru Tak Ganggu Hubungan


Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray (kiri), Menteri Luar Negari Kanada Chrystia Freeland (tengah) dan Sekretaris Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo berpose dalam konferensi pers usai renegosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) di Mexico City, 25 Juli 2018.

Meksiko meyakinkan pemerintah China bahwa syarat-sayarat perdagangan baru yang disepakatinya dengan AS dan Kanada tidak akan merugikan hubungan ekonomi dan bilateral dengan China.

Menurut Kementerian Luar Negeri Meksiko, Menteri Luar Negeri Luis Videgary mengatakan kepada Menteri Luar Negeri China Wang Yi lewat telepon, Sabtu (13/10), bahwa perjanjian perdagangan itu tidak mencerminkan hambatan terhadap hubungan Meksiko dengan China.

Sebuah pasal dalam perjanjian itu merincikan bahwa perjanjian Amerika Utara itu bisa diakhiri apabila salah satu dari ketiga anggota itu menandatangani sebuah perjanjian perdagangan dengan negara "non-pasar" seperti China.

Meksiko sejak lama telah berkompetisi dengan China dalam bidang manufaktur. Namun, hubungan telah membaik dalam beberapa tahun belakangan lewat kemitraan seperti Dana China-Meksiko sebesar $1.2 miliar yang dibentuk 2014 untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan Meksiko dengan modal dari kedua negara. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG