Tautan-tautan Akses

Meksiko Mulai Selidiki Penyebab Ledakan Pipa Minyak


Warga menyelenggarakan upacara pemakaman untuk korban ledakan pipa gas di desa Tlahuelilpan, Meksiko, 20 Januari 2019 (foto: AP Photo/Claudio Cruz)
Warga menyelenggarakan upacara pemakaman untuk korban ledakan pipa gas di desa Tlahuelilpan, Meksiko, 20 Januari 2019 (foto: AP Photo/Claudio Cruz)

Pemerintah Meksiko telah memulai penyelidikan untuk mengetahui penyebab ledakan pipa minyak yang mengakibatkan kematian 91 orang dalam kebakaran hebat hari Jumat.

Kebakaran itu terjadi ketika ratusan orang berebutan mengisi ember dan jeriken dengan bensin yang menyembur dari pipa yang sengaja dibocorkan di negara bagian Hidalgo, Meksiko tengah.

Kata gubernur Hidalgo, Omar Fayyad, ada 52 orang yang menderita luka bakar berat, sehingga jumlah korban meninggal kemungkinan akan terus bertambah.

Jaksa Agung Alejandro Gertz mengatakan para penyelidik sedang berusaha menentukan apakah pembocoran pipa bensin itu dilakukan oleh penduduk setempat atau oleh kelompok penjahat yang telah menjadikan pencurian bensin suatu cabang “industri” baru di Meksiko.

Video yang direkam sebelum ledakan terjadi menunjukkan kira-kira 700 orang berkerumun di tempat kebocoran pipa itu, sementara sejumlah tentara tampak hanya menonton saja tanpa mengambil tindakan apapun.

Kebocoran pipa itu baru bisa diatasi empat jam kemudian. Pencurian bensin di Meksiko tahun 2017 diperkirakan mencapai nilai tiga milyar dollar. [ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG