Tautan-tautan Akses

Meksiko Mulai Bangun Proyek Kereta Maya


Para pemilih Meksiko saat antri untuk memberikan suara bagi referendum pembangunan kereta Maya tanggal 24 November 2018 lalu (foto: dok).
Para pemilih Meksiko saat antri untuk memberikan suara bagi referendum pembangunan kereta Maya tanggal 24 November 2018 lalu (foto: dok).

Presiden baru Meksiko, meminta pebisnis untuk berinvestasi dalam pembangunan jalur kereta api Maya yang akan menghubungkan penumpang ke situs-situs arkeologi dan tujuan-tujuan wisata populer.

Andres Manuel Lopez Obrador hadir dalam upacara keagamaan tradisional dalam bahasa suku Maya hari Minggu (16/12), memohon kepada leluhur untuk memberkati proyek itu.

Gubernur-gubernur negara bagian Chiapas, Tabasco, Campeche, Quintana Roo, dan Yucatan juga hadir dalam upacara tersebut.

Presiden mengatakan, dana $ 296 juta untuk proyek itu sudah tersedia dalam anggaran 2019 Meksiko, yang diperkirakan akan membantu menciptakan ratusan ribu pekerjaan.

Namun Lopez Obrador mengatakan, dana senilai $741 hingga $890 juta diperlukan untuk biaya pengadaan kereta api dengan rute sepanjang 1.500 kilometer itu. Dia mengatakan kepada para investor, mereka akan menerima subsidi federal untuk setiap kilometer yang mereka bangun.

Pemerhati lingkungan prihatin tentang dampak kereta api di lima negara bagian Meksiko tenggara itu. Rute itu melewati hutan yang belum terjamah dan habitat jaguar. (ps/ab)

Recommended

XS
SM
MD
LG