Tautan-tautan Akses

AS

Meksiko Ekstradisi Raja Narkoba El Chapo ke AS


Gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman dikawal ke helikopter di hanggar federal di Mexico City, Januari 2016. (AP/Eduardo Verdugo)

Bos kartel Sinaloa itu sepanjang tahun lalu berusaha mencegah ekstradisi dirinya.

Pemerintah Meksiko mengekstradisi raja narkoba Joaquin “El Chapo” Guzman ke Amerika Serikat, di mana dia akan menghadapi tuduhan perdagangan narkoba, pembunuhan dan tuduhan lainnya.

Pejabat Meksiko mengumumkan hal itu ketika Guzman sudah diterbangkan Kamis (19/1) dan mereka tidak menyebutkan tujuannya. Tetapi pejabat senior AS mengatakan, gembong narkoba itu diterbangkan ke New York.

Bos kartel Sinaloa itu sepanjang tahun lalu berusaha mencegah ekstradisi dirinya. Dia ditahan di sebuah penjara dekat kota perbatasan Ciudad Juarez. Dia ditangkap lagi setahun yang lalu setelah melarikan diri dari penjara sebelumnya.

Guzman lari dari Altiplano pada Juli 2015, sebuah tindakan yang dinilai memalukan pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto. Dia berhasil lari setelah masuk lubang di kamar mandi selnya dan menempuh terowongan sepanjang 1,5 kilometer. Dia ditangkap kembali enam bulan kemudian dalam sebuah operasi militer di negara bagian asalnya, Sinaloa. [jm]

XS
SM
MD
LG