Tautan-tautan Akses

Media Jepang Laporkan PM Abe Berniat Mengundurkan Diri


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, kanan, berjalan di kantor perdana menteri di Tokyo Jumat, 28 Agustus 2020. Perdana menteri terlama Jepang Abe bermaksud meninggalkan jabatannya karena kesehatan yang menurun, menurut partai politiknya. (Foto: AP)

PM Jepang Shinzo Abe berniat mengundurkan diri karena alasan kesehatan, lapor media setempat hari Jumat (28/8).

Kantor Abe belum mengukuhkan laporan badan penyiaran nasional NHK dan media Jepang lainnya.

Para legislator terkemuka dan sumber-sumber di partainya yang berkuasa, Partai Demokrat Liberal, mengukuhkan berita itu. Abe berencana mengumumkan rencananya pada sidang darurat partai.

Spekulasi mengenai pengunduran diri Abe muncul awal tahun ini, sewaktu ia mengunjungi sebuah rumah sakit di Tokyo dalam dua minggu berturut-turut untuk pemeriksaan kesehatan. Tidak ada rincian yang disampaikan kepada masyarakat ketika itu.

Namun Abe yang berusia 65 tahun mengaku memiliki penyakit kolitis ulseratif sejak remaja, dan mengatakan ia menjalani perawatan untuk penyakit ini.

Ia diperkirakan akan memberi lebih banyak informasi mengenai kesehatannya pada konferensi pers hari Jumat (28/8).

Hari Senin lalu (24/8), Abe menjadi perdana menteri yang paling lama menjabat di Jepang dalam hitungan jumlah hari ia berkuasa, memecahkan rekor Eisaku Sato, yang menjabat 2.798 hari mulai dari tahun 1964 hingga 1972.

Karena kunjungannya yang kedua ke rumah sakit pada hari Senin (24/8), tidak ada kemeriahan terjadi, yang memicu spekulasi mengenai kemungkinan pengunduran diri maupun penggantinya.

Indeks saham acuan Nikkei Tokyo ditutup dengan penurunan 1,5 persen hari Jumat (28/8) setelah laporan mengenai niat Abe itu. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG