Tautan-tautan Akses

Massa Muslim Pakistan Rusak Kuil Hindu Minoritas 


Anggota kelompok madani berdemo menuntut pemerintah Pakistan mengizinkan pembangunan kuil Hindu di Islamabad, Pakistan, 8 Juli 2020.

Polisi di Pakistan barat laut mengatakan, dipimpin ulama setempat, massa yang marah merusak dan membakar kuil Hindu, Rabu (30/12).

Perusakan itu terjadi di Distrik Karak, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Saksi mata mengatakan polisi daerah membubarkan massa yang berjumlah sekitar 1.000 orang, tetapi tidak sebelum mereka merusak tempat ibadah komunitas minoritas itu.

Klip video pasca-perusakan yang beredar di media sosial menunjukkan sekelompok besar orang menyerang dan merobohkan dinding kuil Hindu. Polisi mengonfirmasi bahwa rumah pribadi orang Hindu, yang sedang dibangun di dekat kuil itu, juga dirusak.

Menurut penduduk, komunitas minoritas hendak memperluas kuil itu dan meminta izin resmi dari pemerintah kabupaten. Upaya tersebut dilaporkan mendapat kecaman keras dari para pemimpin partai Islam setempat, yang mengorganisasi massa pada Rabu (30/12) untuk menuntut pemindahan kuil itu, yang berusia 100 tahun.

Kepala polisi distrik mengatakan kepada wartawan bahwa serangan itu sedang diselidiki dan berjanji akan menindak para perusak.

Menteri HAM Pakistan Shireen Mazari mengecam serangan itu dan mendesak pemerintah provinsi untuk mengadili mereka yang bertanggung jawab.

Kuil Hindu itu juga pernah diserang dan dihancurkan pada 1997, sebelum dibangun kembali pada 2015 atas perintah Mahkamah Agung Pakistan.

Serangan ekstremis terhadap tempat ibadah komunitas minoritas di Pakistan yang mayoritas Muslim umum terjadi.[ka/pp]

Lihat komentar (4)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG