Tautan-tautan Akses

Maskapai Penerbangan Kuwait Setuju Beli 25 Pesawat Airbus A320neos


Pesawat A320neos produksi Airbus (foto: ilustrasi).

Boeing Co hari (14/11) Selasa menandatangani kontrak senilai 1,3 miliar dolar untuk menjual empat pesawat kargo 777 ke Ethiopian Airlines, sementara penyedia pesawat ke maskapai penerbangan Kuwait melanjutkan operasinya untuk sementara, setuju membeli 25 Airbus A320neos.

Boeing yang berbasis di Chicago dan Ethiopian, operator kargo terbesar di Afrika, mengumumkan hal tersebut dalam acara kedirgantaraan dua tahunan, Dubai Air Show, yang berlangsung sampai Kamis.

Harga pesawat kargo Boeing 777 adalah 325,7 juta dolar. Namun, maskapai penerbangan dan produsen biasanya menegosiasikan potongan harga untuk transaksi semacam itu.

Selasa siang, Airbus mengumumkan penjualan tentatif A320neos kepada Golden Falcon Aviation, penyedia pesawat eksklusif untuk Wataniya Airways. Wataniya, perusahaan swasta, memulai operasinya Juli lalu setelah perusahaan itu gulung tikar tahun 2011 karena kesulitan keuangan gara-gara pergolakan Musim Semi Arab yang melanda Timur Tengah.

Juga di Dubai Air Show, maskapai penerbangan Mesir, EgyptAir menandatangani rencana pemesanan 12 pesawat penumpang Bombardier CS300 senilai 1,1 miliar dolar.

Kesepakatan sementara itu, yang ditandatangani dalam upacara di acara itu, juga mencakup hak pembelian 12 pesawat tambahan, yang akan menaikkan nilai penjualan tersebut berkali lipat. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG