Tautan-tautan Akses

Markas Besar Polisi di Afghanistan Selatan Jatuh ke Tangan Taliban


Bendera Taliban berkibar di sebuah alun-alun di kota Ghazni, Afghanistan, setelah pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan Afghanistan Kamis, 12 Agustus 2021. (AP Photo/Gulabuddin Amiri)

Taliban merebut markas polisi, Kamis (12/8) di sebuah ibu kota provinsi di Afghanistan selatan yang berada di ambang kekalahan melawan Taliban sementara serangan udara yang diduga dilakukan oleh AS menggempur daerah itu, kata seorang pejabat.

Pertempuran berkecamuk di Lashkar Gah, salah satu kota terbesar Afghanistan di jantung Taliban di provinsi Helmand, di mana pasukan pemerintah yang terkepung berharap dapat mempertahankan ibu kota provinsi itu setelah serangan militan selama seminggu. Taliban telah merebut sembilan ibu kota provinsi lainnya di seluruh negeri.

Seorang pejuang Taliban berjaga di pintu masuk Markas Besar Kepolisian di Ghazni, 12 Agustus 2021. (AFP)
Seorang pejuang Taliban berjaga di pintu masuk Markas Besar Kepolisian di Ghazni, 12 Agustus 2021. (AFP)


Pasukan keamanan Afghanistan dan pemerintah belum menanggapi permintaan komentar selama beberapa hari pertempuran. Namun, Presiden Ashraf Ghani kini mencoba menggalang serangan balasan dengan mengandalkan pasukan khusus negaranya, milisi dan pasukan udara Amerika menjelang penarikan AS dan NATO pada akhir bulan.

Meskipun ibu kota Kabul sendiri belum secara langsung terancam oleh gerak maju Taliban, kecepatan serangan itu menimbulkan pertanyaan tentang berapa lama pemerintah Afghanistan dapat mempertahankan kendali atas bagian-bagian negara yang masih dikuasainya. [lt/ab]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG