Tautan-tautan Akses

Marah atas Kebijakan Lockdown, Demonstran di Shanghai Tuntut Xi Jinping Mundur


Para demonstran berhadapan dengan pasukan keamanan saat melakukan aksi protes terhadap berbagai langkah ketat yang diterapkan pemerintah Beijing untuk mengatasi wabah COVID-19 di Shanghai, Minggu (27/11).
Para demonstran berhadapan dengan pasukan keamanan saat melakukan aksi protes terhadap berbagai langkah ketat yang diterapkan pemerintah Beijing untuk mengatasi wabah COVID-19 di Shanghai, Minggu (27/11).

Para demonstran yang semakin terdesak oleh berbagai langkah tegas yang diterapkan untuk mengatasi COVID-19 di Shanghai, telah menuntut pengunduran diri para pemimpin yang sangat berkuasa di negara itu. Pada hari Minggu (27/11) mereka bentrok dengan polisi ketika mereka turun ke jalan-jalan di beberapa kota; suatu tindakan menentang pemerintah yang mengejutkan.

Polisi di Shanghai membubarkan paksa para demonstran yang menyerukan pengunduran diri Presiden Xi Jinping dan diakhirinya kekuasaan Partai Komunis. Tetapi selang beberapa jam kemudian demonstran kembali ke tempat yang sama. Beberapa laporan di media sosial memperlihatkan demonstrasi juga meluas di sedikitnya tujuh kota lain, termasuk di ibu kota Beijing, serta puluhan kampus universitas.

Demonstrasi berskala besar jarang terjadi di China di mana pernyataan pembangkangan secara terbuka secara rutin dibungkam. Tetapi tuntutan langsung terhadap Xi Jinping, pemimpin paling kuat di negara itu dalam beberapa puluh tahun ini, sangat luar biasa.

Tiga tahun setelah virus corona pertama kali muncul, China adalah satu-satunya negara besar yang masih berusaha menghentikan penularan COVID-19, melalui kebijakan “nol COVID.” Kebijakan itu membuat jutaan orang terkurung dalam rumah mereka selama berminggu-minggu, dan selama itu harus melakukan uji medis yang hampir konstan. Langkah-langkah itu awalnya diterima secara luas untuk meminimalkan kematian, ketika negara-negara lain mengalami peningkatan kasus. Tetapi, dalam beberapa pekan terakhir, sikap tersebut mulai goyah.

Ketika sepuluh orang tewas dalam kebakaran sebuah gedung apartemen Jumat lalu (25/11), banyak yang percaya bahwa upaya menyelamatkan mereka tertunda karena langkah lockdown yang berlebihan. Itu memicu demonstrasi pada akhir pekan, sementara kemampuan publik menolerir kebijakan-kebijakan tegas ini tampaknya mencapai titik puncak.

Suasana Protes Picu Demonstran Bicara Topik Tabu

Ratusan demonstran berkumpul Sabtu malam di Shanghai, yang pada musim semi lalu memberlakukan kebijakan lockdown sangat ketat sehingga warga berjuang keras untuk mendapatkan bahan pangan dan obat-obatan. Sebagian bahkan dibawa secara paksa ke lokasi-lokasi karantina terpusat.

Suasana protes mendorong orang untuk berbicara tentang topik-topik yang dianggap tabu, termasuk pembantaian di Lapangan Tiannamen tahun 1989 di mana Partai Komunis yang berkuasa memerintahkan pasukan untuk menembak ke arah mahasiswa prodemokrasi, ujar demonstran yang berbicara secara anonim. Sebagian lainnya juga menuntut permintaan maaf resmi atas kematian dalam insiden kebakaran di Urumqi, wilayah Xinjiang. [em/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG