Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Senator AS Peringatkan tentang 'Periode Berbahaya' Mendatang


Gedung Capitol di Washington, DC,10 Januari 2018.(Foto: dok).

Sekelompok mantan anggota Senat Amerika dari partai Demokrat maupun Republik mendesak para anggota Senat sekarang ini untuk menjadi “penjaga demokrasi” dan tidak membiarkan afiliasi partai menghalangi kepentingan negara, sementara Senat kini menghadapi saat penting.

Empat puluh empat mantan legislator itu menulis dalam suatu tajuk yang diterbitkan hari Senin (10/12) oleh harian the Washington Post bahwa Amerika Serikat sedang memasuki periode berbahaya dan mereka merasa perlu berbicara mengenai berbagai tantangan serius terhadap supremasi hukum, konstitusi, lembaga-lembaga pemerintahan dan keamanan nasional Amerika.

Mereka menyebut kesimpulan investigasi penyidik khusus Robert Mueller mengenai campur tangan Rusia dalam pemilihan tahun 2016 dan kemungkinan kolusi dengan tim kampanye Presiden Donald Trump, serta rencana investigasi terhadap pemerintahan Trump oleh DPR yang dipimpin fraksi Demokrat yang akan mulai bekerja bulan depan, sebagai tantangan-tantangan yang muncul di tengah-tengah konflik regional dan global.

“Kita sedang berada pada titik perubahan di mana prinsip-prinsip dasar demokrasi kita dan kepentingan keamanan nasional kita dipertaruhkan, dan supremasi hukum serta kemampuan lembaga-lembaga kita untuk berfungsi secara bebas dan independen harus ditegakkan,” tulis mereka.

Kelompok itu mencakup para anggota Demokrat, di antaranya John Kerry, Tom Daschle dan Chris Dodd, serta anggota partai Republik John Warner, Richard Lugar dan Chuck Hagel. [uh]

XS
SM
MD
LG