Tautan-tautan Akses

Mantan Raja Spanyol, Juan Carlos Mengasingkan Diri


Mantan Raja Spanyol Juan Carlos di Aranjuez, Spanyol, 2 Juni 2019. (Foto: dok).

Juan Carlos I, raja Spanyol yang mengundurkan diri tahun 2014 minggu ini telah meninggalkan negara itu, tapi belum jelas di mana ia berada.

Surat yang diunggah pada situs web kerajaan mengatakan, mantan Raja Juan Carlos mengatakan kepada putranya, Raja Felipe VI, bahwa ia meninggalkan Spanyol karena adanya “kehebohan sekitar kehidupan pribadinya di masa lampau.”

Warga Spanyol yang terkejut mendengar kabar itu, hanya bisa berspekulasi di mana raja yang telah mengatur praktis seluruh kehidupan mereka selama hampir 40 tahun, kini berada.

Media Spanyol ada yang mengatakan Juan Carlos sedang beristirahat di pantai di Republik Dominika, di Karibia, tapi surat kabar lain mengatakan ia mungkin berada di Portugal.

Di Spanyol, terdapat 630 lebih lapangan, jalan dan gedung pemerintah yang diberi nama Juan Carlos, tapi sejak menghilangnya mantan raja yang berumur 82-tahun itu, banyak orang melampiaskan kemarahan pada keluarga kerajaan.

Mahasiswa di Madrid menyerukan supaya Universitas Raja Juan Carlos diganti namanya, dan sebuah petisi telah mengumpulkan 41,000 tandatangan sampai hari Rabu.

“Korupsi yang menyangkut keluarga kerajaan terus bermunculan dan merusak citra kerajaan yang yang selalu digambarkan sebagai sosok yang 'bersih dan rendah hati'," kata petisi itu. [ii/es]

Recommended

XS
SM
MD
LG