Tautan-tautan Akses

Mantan Legislator Rusia Tewas Ditembak di Kyiv


Petugas firensik memeriksa barang bukti di lokasi terjadinya pembunuhan terhadap Denis Voronenkov di Kyiv, Ukraina, Kamis (23/3).

Mantan legislator Rusia Denis Voronenkov ditembak mati di Kyiv hari Kamis (23/3). Serangan itu diduga dilakukan pembunuhan bayaran yang direkrut Rusia, kata polisi Ukraina.

Voronenkov melarikan diri ke Ukraina tahun lalu, karena khawatir akan keselamatannya. Ia bersaksi dalam kasus pengkhianatan mantan presiden Ukraina yang pro-Rusia, Viktor Yanukovych.

Jaksa Agung Ukraina, Yuriy Lutsenko, mengatakan, kesaksian Voronenkov dalam kasus tersebutlah yang mungkin mendorong pembunuhan terhadapnya.

Lutsenko mengatakan, Voronenkov ditembak mati pada siang hari di pusat kota Kiev. Korban telah memberi kesaksian yang sangat penting bagi kasus tersebut kepada kantor kejaksaan militer. Menurut Lutsenko, pembunuhan terhadap seorang saksi merupakan eksekusi yang biasa dilakukan Kremlin.

Polisi mengatakan Voronenkov sedang berdiri di luar sebuah hotel di tengah kota Kyiv ketika pelaku menembak dan membunuhnya. Pengawal Voronenkov juga terluka, tetapi membalas melepaskan tembakan ke arah pelaku. Kedua orang itu kini dirawat di rumah sakit, kata polisi.

Ilya Ponomarev, mantan anggota parlemen Rusia lainnya yang melarikan diri ke Ukraina, mengatakan, Voronenkov sedang dalam perjalanan untuk bertemu dengannya ketika penembakan terjadi.

Moskow membantah terlibat dalam pembunuhan itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG