Tautan-tautan Akses

Mantan Kepala Badan Urusan Iklim PBB Hadapi Sidang Tuduhan Pelecehan Seksual


Mantan kepala Panel Antar-Pemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC), Rajendra Pachauri di Berlin, 13 April 2014. (Foto: dok).
Mantan kepala Panel Antar-Pemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC), Rajendra Pachauri di Berlin, 13 April 2014. (Foto: dok).

Pengadilan India memutuskan bahwa cukup banyak bukti untuk menyidangkan mantan kepala Panel Antar-Pemerintah tentang Perubahan Iklim atau Intergovernmental Panel on Climate Change IPCC Rajendra Pachauri terhadap tuduhan-tuduhan pelecehan seksual, dalam kasus yang diajukan oleh seorang mantan mitranya di New Delhi.

Ashish Dixit, pengacara yang mewakili Pachauri di pengadilan, Jumat (14/9) mengatakan tidak ada yang bisa membuat kasus ini dimajukan ke pengadilan dan ia akan berupaya membatalkan gugatan tersebut, demikian laporan kantor berita Press Trust of India.

Hakim Charu Gupta menetapkan sidang berikutnya pada 20 Oktober.

Polisi mendaftarkan kasus terhadap Pachauri setelah seorang mitranya yang berusia 29 tahun menuduhnya telah melakukan pelecehan seksual dan intimidasi pada tahun 2016. “Ini tidak mudah,” ujar perempuan itu kepada wartawan setelah sidang hari Jumat. “Ini lompatan besar menuju kebenaran. Saya lega dan sekaligus lelah melawan Pachauri,” tambahnya.

Pachauri bekerja dengan perempuan itu di Energy and Resources Institute TERI, badan lingkungan hidup di New Delhi, yang dipimpinnya selama lebih dari 30 tahun. Pachauri telah menyangkal semua tudingan, tetapi tidak lama setelah tudingan itu mengemuka, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari panel PBB itu dan TERI. [em]

XS
SM
MD
LG