Tautan-tautan Akses

Mantan Bos Foxconn Pertimbangkan Jadi Calon Independen Pada Pemilu Presiden Taiwan


Pendiri dan mantan presiden direktur perusahaan manufaktur Foxconn, Terry Gou. (Foto: dok).

Pendiri dan mantan presiden direktur perusahaan manufaktur Foxconn melangsungkan pertemuan dengan seorang legislator terkemuka Taiwan menyusul munculnya laporan-laporan yang menyebutkan ia sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai kandidat independen pada pemilu presiden Taiwan.

Terry Gou, yang kalah dalam usahanya merebut nominasi calon presiden dari Partai Nasionalis Juli lalu, melangsungkan pertemuan dengan Wang Jin-pyng, legislator dari Partai Nasionalis yang pernah lama menjabat sebagai ketua DPR Taiwan.

“Kami memiliki gagasan sama,” kata Gou. “Bagi 23 juta orang di Taiwan, kepentingan rakyat harus lebih diutamakan daripada kepentingan partai,” jelasnya.

Setelah pertemuan itu, kata Wang,Gou tidak mengatakan apakah ia akan mencalonkan diri, namun masih akan mempertimbangkannya.

Gou mundur sebagai pemimpin tertinggi Foxconn, Juni lalu. Pada bulan berikutnya, ia kalah dari Han Kuo-yu, walikota Kaohsiung, dan pemilihan pendahuluan calon presiden Partai Nasionalis.

Foxconn adalah perusahaan manfaktur elektronik terkenal di Taiwan. Perusahan itu diantaranya merakit produk Iphone.

Jika Gou mencalonkan diri, ia akan berhadapan dengan Han dan presiden yang sedang menjabat saat ini, Tsai Ing-wen, dari Partai Progresif Demokrasi. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG