Tautan-tautan Akses

Mandela Dirawat di Rumah Sakit untuk Hari Ketiga


Mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela (Foto: dok).
Mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela (Foto: dok).

Mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela berada di sebuah rumah sakit di Pretoria untuk hari ketiga, untuk menjalani perawatan infeksi paru-paru yang kambuh.

Afrika Selatan mengatakan mantan presiden Nelson Mandela tetap dalam kondisi yang “serius tapi stabil”. Kantor Presiden Jacob Zuma mengatakan dalam pernyataan hari Senin bahwa kesehatan Mandela tidak berubah dari ketika ia masuk rumah sakit hari Sabtu.

Tokoh anti-apartheid berusia 94 tahun itu dilarikan ke sebuah rumah sakit Pretoria hari Sabtu. Ini adalah yang keempat kalinya Mandela dirawat di rumah sakit sejak Desember lalu.

Hari Minggu, para jemaat gereja di seluruh negara itu berdoa bagi kesembuhan Mandela, yang dinilai oleh banyak warga Afrika Selatan sebagai bapak bangsa.

Seorang sahabat Mandela – Andrew Mlangeni – mengatakan kepada surat kabar Sunday Times bahwa tokoh yang dikagumi dunia internasional itu mungkin tidak akan sembuh lagi dan ia menghimbau anggota-anggota keluarga untuk “merelakan kepergiannya.” Mlangeni mengatakan “begitu keluarga merelakannya, rakyat Afrika Selatan akan mengikuti.”

Tunggu sesaat...

Recommended

XS
SM
MD
LG