Tautan-tautan Akses

Malaysia Wajibkan Penggunaan Kursi Mobil Anak Mulai Tahun Ini


Malaysia mewajibkan penggunaan kursi mobil yang aman untuk anak mulai awal tahun 2020. (Foto: ilustrasi)

Sejak awal tahun ini, Malaysia mengharuskan penggunaan kursi mobil yang aman untuk anak atau child safety seats. Namun sebagaimana dilaporkan oleh reporter VOA, Dave Grunebaum, sebuah hasil studi memperlihatkan bahwa mewajibkan keluarga di Malaysia menggunakan kursi mobil bagi anak saat berkendara merupakan perjuangan yang sulit.

Raj Rajoo menyiapkan kursi mobil bagi anak kembarnya yang berusia lima tahun sambil menunggu sekolah mereka usai.

"Kehidupan anak-anak saya sangat penting bagi saya, jadi saya membeli kursi mobil tersebut," jelasnya.

Penggunaan kursi mobil bagi anak menjadi keharusan di Malaysia sejak tanggal 1 Januari 2020. Namun Rajoo dan istrinya, Jay Menon, telah menggunakan kursi mobil bagi anak sesaat setelah mereka lahir.

Jay Menon mengatakan, "Apa pun dapat terjadi hanya dalam hitungan detik dan kami tidak ingin menyesal di masa depan."

Rajoo dan Menon termasuk dalam golongan kecil orang tua yang menyediakan kursi mobil bagi anak mereka. Sebuah studi yang dilakukan tahun lalu mendapati setengah dari jumlah mobil yang berada di jalan-jalan raya di Malaysia, yang memiliki penumpang anak berusia di bawah 12 tahun, tidak menyediakan kursi mobil bagi anak.

Siti Zaharah Ishak dari Institut Penelitian Keamanan Jalan Raya Malaysia mengatakan, "Penggunaan sistim pengaman anak atau CRS (child restraint system) terbukti dapat menyelamatkan nyawa anak."

Lebih dari 1.500 anak di bawah usia 10 tahun meninggal akibat kecelakaan jalan raya di Malaysia dari tahun 2007 hingga 2017, menurut Institut Penelitian Keamanan Jalan Raya Malaysia.

Siti Zaharah Ishak menambahkan, "Sistim pengaman anak patut digunakan saat anak berada di dalam mobil karena dirancang untuk melindungi anak, untuk mengekang anak saat terjadi tabrakan motor atau kecelakaan. Tali pengaman hanya dirancang untuk orang dewasa."

Aneka Info: Malaysia Wajibkan Penggunaan Kursi Mobil Anak Mulai Tahun 2020
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:33 0:00

Data statistik dari berbagai kelompok keselamatan lalu lintas memperlihatkan bahwa anak-anak yang menggunakan kursi mobil yang terpasang ketat, memiliki kemungkinan sebesar 71 persen, selamat dari kecelakaan mobil.

Jay Menon mengatakan, Anda tidak dapat menentukan harga nyawa anak Anda. Kursi mobil adalah biaya kecil yang dikeluarkan untuk menjamin keselamatan mereka setiap saat.

Walau sudah punya, Omar Mohamad sedang membeli kursi mobil yang baru bagi anak mereka yang berusia dua tahun.

"Kursi mobil itu lebih banyak dipasang di mobil istri saya. Jadi, setiap kali memindahkannya ke mobil saya, saya harus menyiapkannya setengah jam sebelumnya, memasangnya dengan ketat di mobil saya, kemudian barulah kami berangkat," jelasnya.

Jay Menon menambahkan, "Orang-orang di sini tidak menggunakan kursi mobil bagi anak sejak bertahun-tahun lalu, cukup banyak jumlah orang yang tidak memilikinya. Jadi ini merupakan perubahan cara berpikir dan akan membutuhkan waktu yang lama."

Pemerintah Malaysia mengatakan orang tua harus menyediakan kursi mobil bagi anak mereka mulai bulan Juli mendatang. Jika tidak, akan dikenai denda. [lj/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG