Tautan-tautan Akses

Malaysia Gelar Demonstrasi Besar-besaran


Para demonstran mendengarkan pidato dalam protes yang diorganisir oleh kelompok pro-demokrasi "Bersih" di Kuala Lumpur (29/8). (Reuters/Olivia Harris)
Para demonstran mendengarkan pidato dalam protes yang diorganisir oleh kelompok pro-demokrasi "Bersih" di Kuala Lumpur (29/8). (Reuters/Olivia Harris)

Gerakan pro-demokrasi Bersih menuntut PM Najib Razak mundur, menyusul laporan bahwa ia menerima US$700 juta di rekening pribadinya dari lembaga dana investasi milik pemerintah, 1MDB.

Para pengunjuk rasa berkumpul di ibukota Malaysia untuk mengikuti demonstrasi dua hari menuntut pengunduran diri perdana menteri yang menghadapi tuduhan serius mengenai korupsi.

Bersih, gerakan masyarakat madani terkemuka negara itu, menuntut Najib Razak mundur, menyusul laporan bahwa ia menerima US$700 juta di rekening pribadinya dari lembaga dana investasi milik pemerintah, 1MDB.

Pemerintah telah memblokir akses ke laman Bersih dan menyatakan pertemuan di Lapangan Merdeka Kuala Lumpur ilegal karena para aktivis tidak mendapat izin menggelar rapat umum itu di sana. Pihak berwenang juga melarang penggunaan kaus kuning yang menjadi ciri khas Bersih dan logo kelompok itu.

Pemerintah memperketat keamanan menjelang demonstrasi yang berlangsung mulai Sabtu ini.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Najib telah menyangkal tuduhan tersebut, dengan mengatakan uang itu adalah pemberian dari Timur Tengah. Ia menyebut tuduhan korupsi itu sebagai bagian dari sabotase politik terhadap koalisi yang telah lama berkuasa di Malaysia.

Investigasi itu memunculkan kemungkinan tuduhan pidana terhadap Najib, sesuatu yang belum pernah terjadi pada seorang perdana menteri Malaysia.

PM Najib telah memecat jaksa agung yang menyelidikinya.

Tuduhan itu muncul bulan lalu di The Wall Street Journal, yang mendasarkan artikelnya pada dokumen-dokumen yang bocor mengenai penyelidikan pemerintah terhadap dana 1MDB.

1MDB, yang dipimpin Najib, menghadapi tuduhan korupsi dan mismanajemen, dan berutang lebih dari $11 miliar. Lembaga ini sedang diselidiki oleh beberapa badan pemerintah.

XS
SM
MD
LG