Tautan-tautan Akses

Makedonia Ambil Langkah Besar untuk Jadi Anggota NATO


Sekjen NATO Jens Stoltenberg (nomor 3 dari kanan dan Menlu Makedonia Nikola Dimitrov, (nomor 3 dari) bersama dengan perwakilan permanen NATO, usai penandatanganan keanggotaan di markas NATO, Brussels, 6 Februari 2019.

Makedonia telah mengambil langkah besar untuk bergabung dengan NATO setelah negar Balkan kecil itu dan anggota-anggota aliansi tersebut menandatangani sebuah dokumen penting yang dapat menghantarnya menjadi anggota ke-30 aliansi militer terbesar di dunia pada tahun depan.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg dan Menlu Makedonia Nikola memimpin upacara penandatanganan protokol keanggotaan Makedonia itu, Rabu, di markas besar aliansi itu di Brussels.

Yunani telah memblokir keanggotaan Makedonia di NATO selama satu dekade karena sengketa nama. Athena melihat nama bekas republik Yugoslavia ini ancaman terhadap kawasan administratifnya yang juga bernama Makedonia.

Protokol keanggotaan itu harus diratifikasi seluruh 29 anggota NATO. Yunani baru bersedia meratifikasi protokol itu setelah Makedonia setuju untuk menyebut dirinya Republik Makedonia Utara mulai akhir tahun ini atau awal tahun 2020. [ab]

XS
SM
MD
LG