Tautan-tautan Akses

Majelis Umum PBB Putuskan Pangkas Anggaran Tahunan Misi Perdamaian


Suasana Sidang Majelis Umum PBB di New York (Foto: dok).
Suasana Sidang Majelis Umum PBB di New York (Foto: dok).

Majelis Umum PBB, Jumat (1/7) memutuskan untuk memangkas $600 juta dari anggaran tahunan misi perdamaian PBB yang mencapai hampir $8 miliar.

Pemangkasan itu adalah berkat tekanan dari pemerintahan Trump yang menyumbang lebih dari seperempat anggaran tahunan misi itu. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga menyarankan PBB melakukan reformasi besar termasuk dalam misi perdamaian.

Misi pemeliharaan perdamaian yang mendukung lebih dari 110 ribu tentara, polisi, dan petugas sipil dalam 16 misi belakangan ini dikecam keras karena pasukan yang tidak disiplin dan terkadang gagal melindungi penduduk sipil dan bahkan ada yang melakukan pelecehan seksual terhadap mereka. Di Haiti pasukan PBB itu disalahkan membawa epidemi kolera menyebabkan ratusan penduduk pulau itu jatuh sakit dan meninggal.

Namun, di samping semua kekurangan dan kelemahannya, ‘topi biru’ sebagaimana pasukan pemelihara perdamaian itu dikenal karena topi bajanya yang berwarna biru, masih memainkan peran penting di negara-negara yang rentan di mana penduduk sipil membutuhkan perlindungan, bantuan kemanusiaan dan institusi yang stabil. [ps/al]

XS
SM
MD
LG