Tautan-tautan Akses

MA Pakistan Perpanjang 6 Bulan Masa Jabatan Kastaf AD


Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Qamar Javed Bajwa. (Foto: dok).

Mahkamah Agung Pakistan, Kamis (28/11), memperpanjang masa jabatan Kepala Staf Angkatan Darat negara itu selama enam bulan, mengakhiri pertikaian hukum dengan pemerintah PM Imran Khan.

Perpanjangan itu lebih pendek dari yang awalnya ditetapkan Khan, yakni tiga tahun. Namun tiga bulan memberi pemerintah Khan cukup waktu untuk mengamandemen UU yang memungkinkan Jenderal Qamar Javed Bajwa memegang satu masa jabatan lagi, sebagaimana disyaratkan Mahkamah Agung.

Tim kuasa hukum Khan tampaknya membuat kekeliruan prosedural menyangkut perpanjangan tugas Bajwa pada Agustus lalu. Berdasarkan UU yang berlaku saat ini, Khan tidak memiliki wewenang untuk mempertahankan Khan untuk satu masa jabatan lagi.

Seandainya Mahkamah Agung tidak memperpanjang masa jabatan Bajwa selama tiga bulan, Bajwa akan terpaksa pensiun mulai Kamis malam (28/11).

Masalah perpanjangan masa tugas ini diketahui Mahkamah Agung karena adanya laporan pengacara bernama Hanif Rahi, yang belakangan mencabut pengaduannya tanpa penjelasan. Ia sebelumnya mengatakan, perpanjangan tugas yang dilakukan pemerintah terhadap Bajwa melanggar UU.

Khan ingin mempertahankan Bajwa karena prihatin dengan situasi keamanan saat ini, termasuk ketegangan yang meningkat dengan India mengenai Kashmir. Angkatan Darat Pakistan merupakan kekuatan besar dalam politik Pakistan sejaknegara itu merdeka dari Inggris pada 1947. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG