Tautan-tautan Akses

LSM HAM: Pasukan Besar Negara Arab Menuju ke Suriah Timur


Dalam foto yang diambil dari cuplikan gambar video pada 2 November 2017 oleh kantor berita resmi Suria, SANA, memperlihatkan asap membubung setelah pemerintah Suriah membom Kota Deir el-Zour saat memerangi militan negara Islam.

Sebuah konvoi militer besar dari sebuah negara Arab dikerahkan minggu lalu ke Provinsi Deir el-Zour di Suriah timur, dimana pasukan yang didukung Amerika sedang memerangi kelompok teror ISIS, menurut laporan lembaga pemantau HAM Suriah.

Pemantau HAM Suriah (The Syrian Observatory for Human Rights) melaporkan, konvoi ini berasal dari sebuah negara yang ikut dalam koalisi Amerika memerangi ISIS.

“Sumber kami di lapangan melacak konvoi ini dekat tepi timur dari sungai Eufrat, dimana ISIS masih ada,” kata Rami Abdulrahman, direktur dari the Syrian Observatory, kepada VOA.

Abdulrahman mengatakan, dia tidak bisa memastikan negara Arab mana yang mengerahkan militer ini, tetapi “kemungkinan besar dari sebuah negara Teluk.”

Selama berbulan-bulan Pasukan Demokratik Suriah atau SDF yang didominasi pihak Kurdi dan didukung Amerika telah memerangi ISIS di Suriah timur.

Kelompok ini telah berhasil membebaskan daerah luas dari teritori yang dikuasai ISIS dalam bulan-bulan terakhir dan pertempuran kini berpusat di beberapa kota yang masih dipertahankan ISIS di sepanjang lembah sungai Eufrat. [jm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG