Tautan-tautan Akses

Lima Tewas, Puluhan Ribu Mengungsi karena Banjir di Malaysia


Tentara mengevakuasi penduduk kota Chaah di Segamat, negara bagian Johor selatan, Malaysia, 1 Maret 2023. (Foto: via AP)
Tentara mengevakuasi penduduk kota Chaah di Segamat, negara bagian Johor selatan, Malaysia, 1 Maret 2023. (Foto: via AP)

Sedikitnya lima orang tewas dan puluhan ribu lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka setelah banjir musiman melanda Malaysia.

Johor, yang berbatasan dengan Singapura dan memiliki penduduk empat juta orang, merupakan negara bagian yang mengalami dampak terparah dengan 40 ribu orang dievakuasi ke sekolah-sekolah dan pusat-pusat komunitas. Johor adalah negara bagian terbesar kedua di Malaysia.

Beberapa negara bagian lain, termasuk di wilayah yang berjauhan di Pulau Kalimantan juga terimbas banjir.

Hujan lebih lanjut dan badai diperkirakan terjadi pada hari Selasa di beberapa bagian Johor dan negara bagian-negara bagian Malaysia di pulau Kalimantan, yang dapat menyebabkan lebih banyak lagi banjir bandang.

Pihak berwenang juga memperingatkan bahwa ketinggian permukaan air di belasan sungai di berbagai penjuru negara itu telah mencapai tingkat yang berbahaya. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG