Tautan-tautan Akses

Lima Orang Tewas dalam Ledakan Kereta Keledai di Kenya


Sejumlah warga berkumpul di lokasi ledakan di Kota El Wak di Mandera, Kenya, pada 29 April 2024. (Foto: AP/Adan Shukri)
Sejumlah warga berkumpul di lokasi ledakan di Kota El Wak di Mandera, Kenya, pada 29 April 2024. (Foto: AP/Adan Shukri)

Ledakan sebuah bom yang disembunyikan di dalam kereta keledai menewaskan lima orang dan melukai lima lainnya di Kenya timur laut pada hari Senin (29/4), menurut pejabat kementerian dalam negeri.

“Bom itu dimuat ke dalam kereta keledai untuk menghindari deteksi,” kata Menteri Dalam Negeri Kiture Kindiki dalam pernyataan yang telah disiapkan. Dia menambahkan bahwa “tempat kejadian perkara [di Kota El Wak] telah ditutup untuk evakuasi dan penyelidikan sementara berbagai unit keamanan sedang mengejar para penyerang.”

Kindiki tidak mengidentifikasi tersangka dalam serangan itu, dan belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun wilayah tersebut sering menjadi sasaran kelompok militan al-Shabab.

Kelompok teror yang bermarkas di Somalia itu kerap melancarkan serangan di Kenya sebagai pembalasan atas dukungan militer Nairobi terhadap upaya kontraterorisme Mogadishu. Kenya adalah pendukung utama upaya multinasional yang lebih luas untuk menstabilkan wilayah Tanduk Afrika.

Misi militer tersebut direncanakan berakhir pada bulan Desember, sehingga setelah periode itu Somalia akan bertanggung jawab atas keamanannya sendiri. [lt/ka]

Sejumlah informasi dalam laporan ini berasal dari The Associated Press dan Agence France-Presse.

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG