Tautan-tautan Akses

Lima Fakta Katedral Notre Dame


Api dan asap membubung dari atas Katedral Notre Dame di Paris, 15 April 2019.

Katedral Notre Dame terbakar pada Senin (15/4). Api melalap dan menghancurkan situs penting Kota Paris.

Berikut lima fakta karya besar seni Gotik yang merayakan ulang tahun ke-850 pada 2013:

1. Peletakan batu pertama Notre-Dame de Paris dilakukan pada 1163 pada masa kekuasaan Raja Louis VII seiring dengan kota abad pertengahan, Paris, tumbuh baik dari jumlah penduduk maupun perannya sebagai pusat ekonomi dan politik Kerajaan Perancis.

2. Konstruksi terus berlanjut hingga abad berikutnya dengan restorasi besar-besaran dan penambahan-penambahan pada abad ke-17 dan abad ke-18. Struktur bangunan dari pahatan batu dan kaca patri pada bangunan besar melukiskan kembali gambar-gambar dan pelajaran-pelajaran dari Injil.

3. Dua menara lonceng dari abad ke-13 adalah struktur bangunan yang paling dominan. Disebut dengan istilah “bourdon”, lonceng terbesar diberi nama Emmanuel.

4. Sebanyak 387 anak tangga membawa para pengunjung melewati galeri berisi patung-patung chimera, hewan mistis yang biasanya terdiri lebih dari satu hewan. Yang paling terkenal adalah patung “Stryge” yang berada di atas katedral memandang kota Paris dengan kepala diletakkan di tangan.

5. Victor Hugo menggunakan katedral sebagai latar untuk novel yang ditulis pada 1831, "The Hunchback of Notre-Dame." Quasimodo, karakter utama dalam novel tersebut, ditakuti oleh warga Paris karena cacat. Dia kemudian menemukan tempat berlindung di katedral itu dan dipekerjakan sebagai pembunyi lonceng. Tokoh Quasimodo pernah diperankan oleh banyak aktor Hollywood dan dibuat dalam film animasi Disney. [ft/dw]

XS
SM
MD
LG