Tautan-tautan Akses

AS

Letusan Hebat Terjadi di Gunung Kilauea Hawaii


Tentara-tentara dari Garda Nasional Hawaii mengenakan masker untuk melindungi diri dari abu vulkanis dari letusan Gunung Kilauea di Hawaii, yang masih terus berlangsung, 17 Mei 2018.

Para pejabat Hawaii mengatakan sebuah letusan yang sangat hebat terjadi di puncak Gunung Berapi Kilauea, mengepulkan abu sejauh 9.000 meter ke udara, Kamis (17/5) pagi.

“Kepulan abu akan menutupi wilayah sekitarnya,” kata Badan Pertahanan Sipil Hawaii County. Badan Pertahanan Sipil Hawaii mendesak penduduk Pulau Besar yang tinggal di kawasan yang terdampak letusan untuk mengungsi.

Letusan di puncak itu terjadi setelah aktivitas vulkanik dua minggu yang memuntahkan lahar yang mengalir ke pemukiman dan menghancurkan sedikitnya 26 rumah. Para ilmuwan mengatakan letusan itu adalah yang paling kuat dalam beberapa hari belakangan, meskipun hanya berlangsung beberapa menit.

Pihak berwenang memperingatkan penduduk dan pesawat-pesawat untuk menghindari sebagian wilayah Pulau Besar setelah gunung berapi itu mengeluarkan abu tebal dan batu-batuan besar. [vm/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG