Tautan-tautan Akses

Legislator Demokrat Kritik Biden setelah Penemuan Dokumen Rahasia


Presiden AS Joe Biden bersiap untuk melakukan perjalanan dari Joint Base Andrews, untuk melihat daerah yang rusak akibat badai di pantai tengah California, Maryland, AS, 19 Januari 2023. (Foto: REUTERS/Leah Mills)
Presiden AS Joe Biden bersiap untuk melakukan perjalanan dari Joint Base Andrews, untuk melihat daerah yang rusak akibat badai di pantai tengah California, Maryland, AS, 19 Januari 2023. (Foto: REUTERS/Leah Mills)

Beberapa legislator dari partai Demokrat pada Minggu (22/1) mengemukakan kritik terkait penanganan Presiden AS Joe Biden terhadap dokumen rahasia setelah penemuan terbaru beberapa dokumen yang bertanda rahasia.

Senator Dick Durbin dalam wawancara di acara televisi CNN “State of the Union” mengatakan Biden seharusnya “malu dengan situasi ini.”

Durbin mengatakan bahwa meskipun Biden maupun mantan presiden Donald Trump tidak seharusnya memiliki dokumen rahasia, “apa yang terjadi dan apa yang mengikutinya berbeda signifikan.”

Pengacara Biden pada Sabtu mengatakan FBI telah membawa enam materi dengan dokumen yang ditandai rahasia dari rumah Biden, menyusul temuan dokumen-dokumen sebelumnya yang berasal dari masa Biden menjabat wakil presiden di bekas kantornya di Penn Biden Center di Washington.

Departemen Kehakiman mengatakan Trump mengambil ratusan dokumen yang bertanda rahasia setelah masa jabatannya berakhir pada tahun 2021, dan departemen itu harus mendapatkan surat perintah penggeledahan untuk mendapatkannya kembali setelah Trump menolak permintaan pemerintah untuk mengembalikannya.

“Memalukan sekali kedua hal itu terjadi,” kata Durbin pada Minggu. “Namun, reaksi mantan presiden dan presiden yang sekarang sangat kontras.”

Biden mengatakan kepada wartawan sebelumnya bulan ini bahwa timnya “menemukan beberapa dokumen yang disimpan di tempat yang salah” dan bahwa mereka segera menyerahkannya kepada departemen terkait.

Senator Joe Manchin mengatakan dalam acara “Meet the Press” di stasiun televisi NBC bahwa sulit dipercaya bahwa Biden maupun Trump berada dalam situasi seperti itu, dan bahwa penyelidikan oleh penasihat khusus harus dituntaskan sebelum terburu-buru mengambil keputusan.

“Apakah yang satu lebih merugikan? Apakah keduanya sama saja, tidak menimbulkan masalah apapun, atau apakah yang satu lebih ceroboh dan tidak bertanggung jawab daripada yang lainnya?” kata Manchin. “Saya tidak dapat menjawab pertanyaan itu, tetapi saya pikir penasihat khusus akan melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada para politisi dan sirkus politik yang akan mengikutinya.” [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG