Tautan-tautan Akses

Ledakan, Tembakan Dilaporkan di Hotel di Ibu Kota Somalia


Anggota pasukan keamanan Somalia mengambil posisi setelah penyerang bersenjata menguasai sebuah hotel, di Mogadishu, Somalia, Jumat 19 Agustus 2022.
Anggota pasukan keamanan Somalia mengambil posisi setelah penyerang bersenjata menguasai sebuah hotel, di Mogadishu, Somalia, Jumat 19 Agustus 2022.

Serangan terhadap satu hotel di ibu kota Somalia, Mogadishu, Jumat (19/8), memicu ledakan dan baku tembak.

Saksi mata mengatakan kepada VOA bahwa mereka mendengar dua atau tiga ledakan di dekat Hotel Hayat di persimpangan KM4 Jumat malam. Laporan awal menyebutkan hotel diserang bom mobil bunuh diri sebelum orang-orang bersenjata masuk.

Seorang petugas polisi mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa satu bom mobil menghantam di dekat hotel, dan satu lagi menghantam gerbang hotel.

Seorang saksi mata mengatakan terjadi baku tembak di dalam hotel. Pasukan keamanan berusaha menangkis para penyerang.

Juru bicara polisi Somalia Abdifatah Adan Hassan mengatakan orang-orang bersenjata itu "kini ditangani pasukan polisi," menurut kantor berita AFP.

Kelompok militan Islam al-Shabab mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu. Sebuah pernyataan di situs web kelompok itu mengatakan, "Pejuang kami merebut hotel dan kini bertempur. Kami menarget pejabat pemerintah yang ada dalam hotel."

Kelompok yang telah melancarkan pemberontakan di Somalia sekitar 15 tahun, itu sering menarget kafe dan hotel seperti Hayat di Mogadishu yang dilindungi oleh pejabat politik dan keamanan. [ka/pp]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG