Tautan-tautan Akses

Lebih dari 1,6 Juta Orang Tandatangani Petisi Tuntut Perancis soal Iklim


Presiden Perancis Emmanuel Macron (foto: dok). Pemerintah Perancis dinilai tidak melakukan cukup banyak hal untuk mengatasi perubahan iklim.
Presiden Perancis Emmanuel Macron (foto: dok). Pemerintah Perancis dinilai tidak melakukan cukup banyak hal untuk mengatasi perubahan iklim.

Lebih dari 1,6 juta orang telah menandatangani sebuah petisi online untuk mengajukan Perancis ke muka hukum karena tidak melakukan cukup banyak hal untuk mengatasi perubahan iklim.

Greenpeace, Oxfam dan dua LSM lingkungan hidup Perancis meluncurkan petisi itu minggu lalu. Dalam waktu beberapa hari petisi itu mendapat dukungan sangat luas, termasuk dari bintang film terkenal Marion Cotilard dan Juliette Binoche.

Direktur Greenpeace di Perancis Jean-Francois Julliard hari Senin (24/12) mengatakan di stasiun televisi Perancis BFM bahwa kelompok itu berharap pengadilan akan mengharuskan Perancis untuk menurunkan emisi gas rumah kaca jauh lebih rendah lagi. Ditambahkan, upaya hukum itu dapat memakan waktu bertahun-tahun, tetapi upaya serupa di Belanda terbukti membuahkan hasil.

Upaya Presiden Emmanuel Macron untuk menaikkan pajak bahan bakar guna membantu mengurangi ketergantungan Perancis pada bahan bakar fosil justru memicu demonstrasi besar-besaran di seluruh negara itu. Macron telah membatalkan kenaikan pajak tersebut. (em)

XS
SM
MD
LG