Tautan-tautan Akses

Laskar Pemberontak Suriah Mengungsi ke Utara


Foto dari kantor berita Suriah menunjukkan bus-bus yang membawa warga Suriah yang dievakuasi dari daerah Barzeh di Damaskus, 8 Mei 2017.

Media pemerintah dan para aktivis oposisi mengatakan banyak pemberontak serta keluarga mereka telah mulai meninggalkan daerah ibukota Suriah Damaskus menuju daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah utara.

Pengungsian dari Qaboun diadakan sehari setelah pasukan pemerintah dan sekutu mereka merebut sebagian besar daerah itu dari pemberontak.

Kantor berita pemerintah SANA mengatakan ratusan laskar menaiki beberapa bus hari Minggu dan berangkat menuju provinsi Idlib di bagian barat-laut Suriah. Dikatakannya, orang-orang yang memutuskan untuk tetap tinggal di sana dapat memperoleh amnesti pemerintah dan kembali ke kehidupan normal.

Pemantau hak asasi Syrian Observatory yang berbasis di Inggris mengatakan 20 bus telah berangkat dari Qaboun dan lainnya diperkirakan akan menyusul.

Pengungsian dari Qaboun diadakan beberapa hari setelah ratusan laskar oposisi diungsikan dari daerah-daerah dekatnya, Barzeh dan Tishrin. [gp]

XS
SM
MD
LG