Tautan-tautan Akses

Laporan: Petugas Perbatasan Iran Siksa Migran Afghan


Sekelompok migran asal Afghanistan berjalan di jalan utama setelah menyeberangi perbatasan Turki-Iran dekat Dogubayazit, Provinsi Agri, bagian timur Afghanistan, 11 April 2018. (Foto: Reuters)

Para pejabat Afghanistan sedang menyelidiki berbagai laporan bahwa para petugas Iran memukuli dan menyiksa puluhan laki-laki Afghanistan yang berusaha menyeberangi perbatasan dan membuang mereka ke Sungai Harirud.

Para pejabat Afghanistan mengatakan sedikitnya 12 mayat ditarik dari sungai di Provinsi Herat itu dan delapan lainnya hilang. Sebanyak 70 orang dikatakan diserang. Sebuah pernyataan Taliban mengatakan 23 orang dibunuh.

"Mereka memukuli kami dengan pipa terus menerus dan mengatakan, 'Jangan datang lagi ke negara kami,' dan terus mendorong kami ke sungai," kata salah seorang penyintas kepada wartawan.

Seorang lainnya mengatakan para sipir membantingnya ke tanah dan menginjak kepalanya, sebelum melemparnya ke sungai. Dia mengatakan dia berhasil selamat dengan bergelantung ke sebuah pohon sebelum dievakuasi.

Para diplomat Iran di Afghanistan berjanji akan melakukan penyelidikan tapi membantah tuduhan awal. Seorang pejabat kementerian luar negeri Iran mengatakan insiden itu terjadi di sisi perbatasan Afghanistan.

Ribuan warga Afghanistan menyeberang ke Iran setiap minggu untuk mencari pekerjaan. Mereka kebanyakan diselundupkan ke Iran atau bersembunyi di dalam truk. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG