Tautan-tautan Akses

Laporan: Menara Eiffel Mungkin Jadi Target Anggota ISIS di Spanyol


Seorang tentara berjaga di Menara Eiffel di Paris, saat Perancis menandai berakhirnya keadaan darurat dua tahun, Rabu, 1 November 2017. (Foto: dok).

Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa Menara Eiffel kemungkinan menjadi salah satu target sel ISIS yang menyerang Barcelona.

Tembok pelindung yang mengelilingi Menara Eiffel didirikan setelah video mengenai kunjungan ke Paris ditemukan di tempat persembunyian yang hancur, sebut periset Fernando Reinares dan Carola Garcia-Calvo dalam laporan mereka yang dimuat dalam CTC Sentinel, publikasi riset mengenai terorisme, edisi Januari. Sel ISIS menyerang kawasan La Rambla di Barcelona dan sebuah kota pantai, menewaskan 16 orang pada Agustus lalu.

Bom yang tidak dibuat secara sempurna itu akhirnya mencegah terjadinya serangan dengan jumlah korban lebih banyak. Tempat persembunyian teroris meledak sewaktu mereka sedang membuat bom tersebut.

Menurut laporan itu, berdasarkan wawancara dengan para penyelidik dan dokumen di pengadilan, para anggota kelompok ISIS itu bepergian ke Paris sebelum serangan, untuk alasan yang belum diketahui para penyelidik. Di sana, para anggota itu membeli sebuah kamera dan membuat film mengenai Menara Eiffel. [uh]

XS
SM
MD
LG