Tautan-tautan Akses

Lapid di Abu Dhabi, Kunjungan Resmi Pertama Menteri Israel di UEA


Menlu Israel Yair Lapid menyampaikan pidato saat peresmian Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi, UEA, 29 Juni 2021. (Foto: Shlomi AMSALEM / GPO / AFP)

Diplomat paling senior Israel, Yair Lapid, Selasa (29/6), tiba di Uni Emirat Arab (UEA) untuk kunjungan resmi pertama oleh seorang menteri Israel, setelah kedua negara menormalkan hubungan pada bulan September. 

Kantor berita AFP melaporkan Lapid mendarat di bandara Abu Dhabi setelah sebelumnya mencuit foto dirinya dari dalam pesawat, dengan judul: "Lepas landas untuk kunjungan bersejarah ke UEA."

Para menteri Israel sebelumnya sudah mengunjungi Uni Emirat Arab, tetapi Lapid yang baru saja diangkat adalah pejabat Israel yang paling senior dan yang pertama melawat dalam misi resmi.

Sejak kesepakatan normalisasi dengan UEA diumumkan pada Agustus 2020, Israel telah menandatangani sejumlah kesepakatan dengan UEA, mulai dari pariwisata hingga penerbangan dan layanan keuangan.

Menteri Kebudayaan dan Pengembangan Pengetahuan UEA Noura al-Kaabi (kiri) dan Menlu Israel Yair Lapid di Abu Dhabi, UAE, 29 Juni 2021. (AFP)
Menteri Kebudayaan dan Pengembangan Pengetahuan UEA Noura al-Kaabi (kiri) dan Menlu Israel Yair Lapid di Abu Dhabi, UAE, 29 Juni 2021. (AFP)

Kunjungan itu dilakukan hampir setahun setelah kedua negara itu menormalkan hubungan, dan setelah berbulan-bulan kunjungan yang direncanakan para pejabat Israel terhalang oleh masalah-masalah termasuk pandemi Covid dan pertikaian diplomatik.

Selama kunjungannya ini, Lapid akan meresmikan Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi, serta Konsulat Jenderal Israel di Dubai.

Kementerian luar negeri Israel dalam sebuah pernyataan mengatakan "Delegasi Israel akan mendarat dini hari di Abu Dhabi, dan akan diterima oleh menteri urusan ekonomi di kementerian luar negeri". [my/ab]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG