Tautan-tautan Akses

Kuwait jadi Tuan Rumah Konferensi Rekonstruksi Irak Tahun Depan


Brett McGurk, utusan khusus Presiden AS ke Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS.

Kuwait akan menjadi tuan rumah konferensi tentang upaya rekonstruksi di Irak awal tahun depan menyusul kemajuan besar yang dicapai pihak militer Irak, demikian menurut Brett McGurk, utusan khusus presiden Amerika ke Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS.

McGurk, berbicara dalam briefing di Departemen Luar Negeri, memberi tahu reporter, hanya masalah waktu saja sebelum ISIS akan berhasil diusir dari Raqqa dan akhir dari perang ini sudah mulai tampak.

Ditambahkan, mereka kini hanya menguasai 3 daerah di bagian utara tengah kota itu, dan tinggal menunggu waktu saja sampai hal ini bisa diselesaikan.

McGurk mengatakan, pasukan keamanan Irak kini terlibat dalam operasi anti-ISIS di sebuah kota kecil selatan dari Kirkuk, dan operasi itu yang dimulai dua hari yang lalu kemajuannya sudah mendahului jadwal rencananya.

Dia menekankan pentingnya melangkah maju dan tidak teralihkan.

McGurk mengingatkan bahwa lebih dari 2 juta orang sudah kembali ke rumah-rumah mereka di daerah-daerah yang sebelumnya dikuasai ISIS. Dia juga mencatat bahwa tidak ada teritori yang sudah direbut dari ISIS berhasil dikuasai kembali oleh ISIS. [jm]

XS
SM
MD
LG