Tautan-tautan Akses

AS

Kursi Demokrat di DPR AS Bertambah


Pegawai Pengawas Pemilu Broward County menghitung surat suara dalam perhitungan ulang di Lauderhill, Florida, 14 November 2018.

Demokrat berhasil meraih satu kursi lagi di DPR. Pendatang baru, Andy Kim dinyatakan pemenang dalam pemilihan di distrik kongres ke tiga di New Jersey, Rabu (14/11).

Dia mengalahkan petahana Tom MacArthur.

Kim menjadi staf keamanan nasional di Gedung Putih semasa Presiden Barack Obama. Dia keturunan Korea dan akan menjadi anggota kongres keturunan Asia yang pertama mewakili New Jersey.

Sementara itu, suara yang masuk masih dihitung lebih dari seminggu setelah pemilihan paruh waktu berlangsung.

Sehari setelah pemilihan, Trump mengatakan bahwa “kemarin hari yang besar. Partai Republik berhasil melawan sejarah dan memperluas mayoritas di Senat sementara menggagalkan harapan untuk DPR.”

Dia berkilah, “ini hampir merupakan kemenangan yang lengkap.”

Ketika hasil-hasil mulai masuk pada malam pemilihan, tampaknya pihak Republik akan menambah tiga atau empat kursi di Senat dan memperbesar selisih kursi dengan Demokrat.

Tetapi kepemimpinan Republik ambruk dalam pemilihan di Arizona. Kyrsten Sinema, dari Demokrat berhasil meraih kursi yang sudah dikuasai Republik selama 30 tahun.

Pemilihan Senat di Florida dan Mississippi masih belum ditetapkan pemenangnya, tetapi pihak Republik sudah dipastikan akan menambah dua kursi.

Di DPR, kandidat Demokrat bernasib lebih baik.

Demokrat berhasil menguasai kembali DPR setelah delapan tahun sebagai minoritas, dan kini memimpin dengan selisih 226 dan 200 kursi. Tetapi Demokrat akan menambah kekuatan mayoritas mereka. Mereka memimpin di sembilan pemilihan yang belum ditetapkan pemenangnya. Di sana pemilih lewat pos masih dihitung, semuanya distrik yang dikuasai Republik sebelumnya. [jm]

XS
SM
MD
LG