Tautan-tautan Akses

Kunjungi Ghana, Delegasi DPR AS Peringati 400 Tahun Perdagangan Budak


Ketua DPR Nancy Pelosi berbicara dalam pelantikan anggota Kaukus Kulit Hitam dalam Kongres The Warner Theatre, Washington, 3 Januari 2019.
Ketua DPR Nancy Pelosi berbicara dalam pelantikan anggota Kaukus Kulit Hitam dalam Kongres The Warner Theatre, Washington, 3 Januari 2019.

Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi dan sejumlah anggota DPR Amerika berada di Ghana untuk pembicaraan tingkat tinggi dan sekaligus memperingati 400 tahun dimulainya perdagangan budak dari Afrika ke benua Amerika.

Delegasi Amerika itu diterima pada Senin (29/8) malam oleh Presiden Ghana Nana Akufo-Addo di Accra.

Kantor berita Associated Press melaporkan dalam delegasi itu terdapat pemimpin mayoritas dalam DPR James Clyburn, ketua Kaukus Kulit Hitam Dpr Karen Bass dan anggota DPR Barbara Lee serta John Lewis.

Delegasi DPR Amerika itu diperkirakan akan membicarakan masalah “keamanan regional, pembangunan yang inklusif dan berkesinambungan dan berbagai tantangan di masa depan termasuk krisis iklim.

Pelosi dijadwalkan akan memberikan pidato dimuka parlemen Ghana Hari Rabu. Kata Menteri LN Ghana, Pelosi “akan menyampaikan pidato penting di muka Senat untuk memperkuat hubungan Amerika-Ghana.”

Pelosi juga akan berkunjung ke Cape Coast dan Kastil Elmina, pusat-pusat pemberangkatan budak-budak Afrika yang dikirim dengan kapal ke benua Amerika.

Anggota DPR Karen Bass mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Empat ratus tahun yang lalu nenek moyang kami dibawa ke negara yang kini dikenal sebagai Amerika Serikat dalam keadaan dirantai. Kini 12 anggota Kaukus Kulit Hitam dalam Kongres kembali ke Afrika sebagai anggota Kongres Amerika. Kami sudah menempuh perjalanan jauh, tapi masih banyak lagi yang harus dicapai,” katanya. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG