Tautan-tautan Akses

Kuba Sahkan RUU Penanaman Modal Asing


Penanaman modal asing di Kuba
Penanaman modal asing di Kuba

​Dewan Perwakilan Rakyat Kuba telah mengesahkan rancangan undang-undang untuk menarik modal asing dan memungkinkan perusahaan-perusahaan asing beroperasi di negara itu.

Undang-undang itu menggantikan peraturan penanaman modal asing yang dikeluarkan tahun 1995, tapi dianggap tidak mencapai tujuannya.

UU itu antara lain akan memotong pajak keuntungan dengan separuhnya, menjadi 15 persen, dan pembebasan pajak-pajak perusahaan selama delapan tahun pertama.

Pengecualian pembebasan pajak diberikan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan seperti nikel dan bahan bakar fossil, perusahaan tersebut harus membayar pajak keuntungan sampai 50 persen.

UU itu juga akan membebaskan orang asing yang bekerja di Kuba dari pembayaran pajak pendapatan. Perusahaan asing juga akan diperbolehkan beroperasi sepenuhnya, suatu hal yang tidak pernah terdengar sebelum ini.

Undang-undang penanaman modal asing itu adalah bagian penting paket pembaharuan yang dijalankan Presiden Raoul Castro, yang dimulai tahun 2008 guna mengupgrade perekonomian Kuba.

Kata menteri perekonomian Kuba, Marino Murillo, Kuba memerlukan sedikitnya dua milyar dollar modal asing per tahun untuk mencapai pertumbuhan ekonomi lima persen.
XS
SM
MD
LG