Tautan-tautan Akses

KTT Nuklir Tekankan Pencegahan Jatuhnya Senjata Atom ke Tangan Teroris


Obama akan keluarkan deklarasi janjikan agar negara amankan bahan nuklir dalam kurun waktu empat tahun mendatang.

KTT nuklir dua hari di Washington akan berakhir Selasa dengan fokus mencegah agar teroris jangan dapat memperoleh bahan-bahan nuklir.

Ke-47 negara peserta di KTT itu dengan tuan rumah Presiden Barack Obama berencana akan mengeluarkan deklarasi bersama yang menjanjikan agar negara-negara mengamankan bahan nuklir dalam kurun waktu empat tahun mendatang.

Presiden Obama mengatakan, kita tahu bahwa organisasi-organisasi seperti al-Qaida sedang berusaha memperoleh senjata nuklir atau senjata-senjata pemusnah massal lainnya dan tidak akan ragu-ragu menggunakannya.

Para ahli mengatakan, ada cukup bahan nuklir yang sudah sangat diolah di seluruh dunia untuk membuat sedikitnya 120.000 senjata nuklir dan telah menyatakan khawatir bahwa sebagian dari bahan itu dapat jatuh ke tangan teroris.

Sebelum pertemuan puncak itu dibuka, Senin, Obama mengadakan beberapa pertemuan bilateral dengan para pemimpin termasuk Presiden Tiongkok Hu Jintao dan sepakat akan meningkatkan tekanan terhadap Iran agar meninggalkan kegiatan nuklirnya. Tiongkok enggan untuk mengenakan sanksi tambahan PBB terhadap Iran.

Amerika tidak mengundang Korea Utara, Iran dan Suriah, negara-negara yang banyak dikritik oleh Barat karena program nuklir mereka.

XS
SM
MD
LG