Tautan-tautan Akses

Kru Listrik Michigan Bekerja Keras, California Pulih Setelah Badai


Pengumuman toko tutup karena tidak ada daya listrik dipasang di jendela toko Walgreens di Detroit, Jumat, 24 Februari 2023. (AP Photo/Paul Sansya)
Pengumuman toko tutup karena tidak ada daya listrik dipasang di jendela toko Walgreens di Detroit, Jumat, 24 Februari 2023. (AP Photo/Paul Sansya)

Sebagian penduduk negara bagian Michigan menghadapi hari keempat berturut-turut tanpa listrik pada hari Minggu sementara para kru terus bekerja keras untuk memulihkan aliran listrik ke lebih dari 165.000 rumah dan bisnis di wilayah Detroit raya setelah badai salju minggu lalu.

Leah Thomas, yang sambungan listrik ke rumahnya di Detroit utara terputus Rabu (22/2) malam, masih menunggu kembalinya aliran listrik rumahnya hingga Minggu malam.

Leah Thomas mengatakan masih beruntung karena dia dan putranya yang berusia 17 tahun dapat tinggal sementara di rumah orang tuanya, yang masih memiliki aliran listrik, sementara mereka berada di Florida.

Seorang warga duduk di halte bus di Olympic Valley, California, yang tertutup salju Jumat, 24 Februari 2023. (AP/John Locher)
Seorang warga duduk di halte bus di Olympic Valley, California, yang tertutup salju Jumat, 24 Februari 2023. (AP/John Locher)

Tetapi karena pada saat ini sedang berlangsung liburan pertengahan musim dingin di distrik sekolahnya, Leah Thomas mengatakan beberapa tetangganya telah pergi ke luar kota dan ketika kembali mereka akan mendapati rumah mereka dalam keadaan berantakan akibat pipa air yang pecah dan ruang bawah tanah yang kebanjiran.

Badai dahsyat dengan hembusan angin yang kencang dan meluas berpindah ke Oklahoma pada Minggu malam dari Texas. Badan Cuaca Nasional (NWS) mengatakan bahwa peringatan mengenai kemungkinan terjadinya tornado tetap berlaku di beberapa bagian Oklahoma setelah tornado terjadi di negara bagian itu dan di Kansas.

Angin yang meluas dengan kecepatan hingga 144 kilometer per jam dilaporkan terjadi di Oklahoma, mengakibatkan tumbangnya pohon-pohon dan putusnya kabel listrik, penutupan jalan dan kerusakan rumah di sekitar kota Norman dan kota Shawnee.

Michigan tenggara yang terpukul keras, masih belum pulih dari badai salju dan angin kencang. Dua perusahaan listrik utama di negara bagian tersebut, DTE Energy dan Consumers Energy, melaporkan sekitar 168.000 rumah dan bisnis tanpa listrik pada sekitar pukul 6 sore Minggu. Sekitar 132.000 di antaranya adalah pelanggan DTE Energy.

Sementara itu, California mendapat jeda sejenak dari cuaca buruk setelah badai dahsyat sehari sebelumnya menyebabkan air sungai-sungai di daerah Los Angeles naik ke tingkat berbahaya, membanjiri jalan, dan mencurahkan salju di daerah-daerah dengan ketinggian sekitar 300 meter ke atas. Matahari muncul sebentar pada hari Minggu di Los Angeles raya, di mana penduduk keluar rumah untuk mengagumi pemandangan pegunungan di utara dan timur yang diselimuti salju warna putih.

Pinggiran Santa Clarita, di perbukitan utara Los Angeles, mengalami hujan salju pertama yang signifikan sejak 1989.

NWS mengatakan Mountain High, salah satu resor ski terdekat dari kota Los Angeles, diguyur salju setebal 2,3 meter selama badai terakhir, dan lebih banyak lagi kemungkinan akan turun minggu ini. [lt/ab]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG