Tautan-tautan Akses

Kritik Pelatih, Atlet Belarus Dibawa ke Bandara Tokyo


Atlet Belarus, Krystsina Tsimanouskaya, di Bandara Internasional Haneda, di Tokyo, Jepang, 1 Agustus 2021.

Seorang atlet Olimpiade asal Belarusia mengatakan ia telah dibawa secara paksa ke bandara di Tokyo untuk naik pesawat kembali ke Belarus setelah ia mengeluh tentang pelatihnya di media sosial.

Pelari Krystsina Tsimanouskaya, Minggu (1/8), mengatakan ia telah meminta perlindungan polisi Jepang di bandara Haneda agar ia tidak perlu naik ke pesawat.

Tsimanouskaya mengatakan tidak ingin kembali ke Belarus dan meminta Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Commitee/IOC) untuk “campur tangan” dalam kasus itu.

Tsimanouskaya sedianya bertanding di nomor 200 meter putri pada Senin (2/8), tetapi ia mengatakan pelatihnya telah memerintahkannya untuk berkemas dan kemudian membawanya ke bandara.

Tsimanouskaya lewat media sosial menuduh bahwa lewat suatu pemberitahuan singkat oleh pejabat Belarus yang mengurus Olimpiade, pada 29 Juli ia dimasukkan ke dalam nomor estafet 400 meter putri, setelah mendapati beberapa anggota tim itu tidak memenuhi syarat untuk bertanding.

Dalam sebuah pernyataan Komite Olimpiade Belarus mengatakan Tsimanouskaya dicabut dari pertandingan berdasarkan saran dokter tentang “kondisi emosional dan psikologisnya.”

Tsimanouskaya dilaporkan berencana mencari suaka politik di Austria. [em/lt]

Medali Olimpiade Rio 2016

XS
SM
MD
LG