Tautan-tautan Akses

Kremlin: Putin, Trump akan Bertemu Singkat di Paris Pekan Depan


Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan di Istana Presiden Finlandia di Helsinki, 16 Juli 2018 lalu.
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan di Istana Presiden Finlandia di Helsinki, 16 Juli 2018 lalu.

Juru bicara Kremlin mengatakan hari Selasa (6/11) bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Trump akan bertemu singkat di Paris pekan depan. Beberapa pejabat Amerika mengemukakan memang ada kemungkinan keduanya bertemu.

Kedua presiden berencana menghadiri acara yang diadakan di Paris memperingati 100 tahun berakhirnya Perang Dunia Pertama, dan akan membahas kemungkinan melakukan pembicaraan bilateral di satu hari kemudian, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Di Washington, pejabat-pejabat Amerika mengatakan Presiden Trump ada kemungkinan melakukan pertemuan singkat dengan Putin. Namun, pertemuan bilateral yang tepat akan dilakukan pada KTT negara-negara anggota G-20 di Argentina pada akhir bulan ini.

Trump mengatakan hari Senin ia tidak pasti apakah akan bertemu dengan Putin di Paris.

Kedua presiden belum pernah bertemu tatap muka sejak pertemuan di Helsinki Juli lalu yang menimbulkan kekhawatiran di Washington bahwa Trump melakukan hubungan akrab dengan Kremlin.

Penasehat keamanan nasional Trump, John Bolton mengatakan bulan lalu seandainya keduanya bertemu di Paris maka yang dibicarakan apakah Putin menerima undangan untuk datang ke Washington.

Pekan lalu seorang pembantu Kremlin mengatakan Putin dan Trump akan melakukan pembicaraan yang panjang di sela KTT G-20 di Argentina dari tanggal 30 November sampai 1 Desember. (al)

Recommended

XS
SM
MD
LG