Tautan-tautan Akses

Korut Sebut Presiden AS Lalai dan Tidak Menentu


Pyongyang menanggapi cuitan Presiden Trump dengan melontarkan penghinaan baru terhadap Presiden AS Donald Trump sebagai orang tua yang lalai dan tidak menentu, 9 Desember 2019. (Foto: ilustrasi).
Pyongyang menanggapi cuitan Presiden Trump dengan melontarkan penghinaan baru terhadap Presiden AS Donald Trump sebagai orang tua yang lalai dan tidak menentu, 9 Desember 2019. (Foto: ilustrasi).

Korea Utara melontarkan penghinaan baru terhadap Presiden Amerika Donald Trump, Senin (9/12), menyebutnya sebagai “orang tua yang lalai dan tidak menentu."

Pyongyang menanggapi cuitan Presiden Trump yang mengatakan bahwa “Kim Jong-un terlalu pintar dan akan kehilangan terlalu banyak, jika dia bertindak dengan cara yang bermusuhan.” Trump menambahkan bahwa Kim “tidak ingin membatalkan hubungan istimewanya dengan Presiden Amerika Serikat atau campur tangan dalam Pemilihan Presiden Amerika pada bulan November.”

Mantan negosiator nuklir Korea Utara Kim Yong-chol, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa negaranya “tidak akan kehilangan apa pun” meskipun “AS dapat mengambil apa pun lebih dari kita, itu tidak pernah bisa menghilangkan rasa harga diri kami yang kuat, kebesaran negara kami dan kebencian kami terhadap Amerika.”

Kim Yong-chol mengatakan cuitan Trump tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa dia “kehilangan kesabaran” dan waktunya akan tiba “ketika kita tidak bisa tidak menjulukinya lagi sebagai ‘orang tua yang pikun’.”

Dia menyuarakan tuduhan bahwa pemerintahan Trump berusaha membeli waktu sebelum tenggat akhir tahun yang ditetapkan oleh Kim Jong-un bagi Washington “untuk menyelamatkan pembicaraan nuklir.”

Trump pada hari Minggu memperingatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terkait tindakan militer yang bermusuhan, bahkan ketika Pyongyang mengumumkan telah melakukan “uji coba yang sangat penting” di tempat peluncuran satelitnya.

Pernyataan Trump tersebut muncul setelah media pemerintah Korea Utara mengatakan uji coba itu dilakukan hari Sabtu di Stasiun Peluncuran Satelit Sohae 7, stasiun peluncur roket jarak jauh di Tongch'ang-ri, bagian dari Provinsi Pyongan Utara yang terletak di dekat perbatasan dengan China. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG