Tautan-tautan Akses

Korut Rombak Kepemimpinan, Kim Jong-un Konsolidasikan Kekuasaan


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, di Pyongyang, 10 April 2019. (Foto: dok).

Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara memilih kembali pemimpin Kim Jong-un sebagai ketua Komisi Urusan Negara, Kamis (11/4).

Kantor berita Korea Utara KCNA, Jumat (12/4) melaporkan bahwa Kim, yang berusia 35 tahun, terpilih kembali karena “kearifan ideologis dan teoritisnya yang luar biasa serta kepemimpinannya yang matang dan berpengalaman.”

Kim juga diberi gelar baru “wakil tertinggi seluruh rakyat Korea.”

Majelis itu menunjuk sejumlah orang untuk jabatan baru. Termasuk di antaranya Choe Ryong Hae yang berusia 69 tahun dan merupakan salah seorang pembantu dekat Kim, yang diangkat sebagai kepala negara nominal Korea Utara. Ia akan mengambil alih peran mewakili Pyongyang dalam berbagai kegiatan internasional.

Choe, yang masuk daftar sanksi Amerika tahun lalu, menggantikan Kim Yong-nam, yang berusia 91 tahun dan telah memegang jabatan itu selama hampir 20 tahun. Choe juga dipilih untuk menduduki pos baru sebagai wakil ketua pertama Komisi Urusan Negara.

Kim Jong-un memegang banyak jabatan pemimpin di kalangan pemerintah, militer dan partai komunis. Tetapi ia secara resmi memerintah Korea Utara yang komunis sebagai Ketua Komisi Urusan Negara. Ia pertama kali dipilih untuk menduduki jabatan itu pada tahun 2016. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG