Tautan-tautan Akses

Korut: PM Jepang Usulkan Pertemuan Puncak dengan Kim Jong Un


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan saudara perempuannya Kim Yo Jong di dalam zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, Korea Selatan, 27 April 2018. (Foto: via Reuters)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan saudara perempuannya Kim Yo Jong di dalam zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, Korea Selatan, 27 April 2018. (Foto: via Reuters)

Korea Utara pada Senin (25/3) mengatakan bahwa PM Jepang Fumio Kishida telah mengusulkan pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Adik perempuan Kim yang juga pejabat senior, Kim Yo Jong, mengemukakan itu dalam siaran media pemerintah. Ia mengatakan Kishida menggunakan saluran yang tidak dirincinya untuk menyampaikan sikap bahwa ia ingin bertemu langsung dengan Kim Jong Un secepatnya..

Kim Yo Jong mengatakan peningkatan hubungan bergantung pada Jepang. Kim mengatakan, jika Kishida tetap pada upayanya untuk menyelesaikan dugaan penculikan warga negara Jepang oleh Korea Utara pada masa lalu, Kishida tidak dapat menghindari kritik bahwa ia hanya mengupayakan pembicaraan itu untuk meningkatkan popularitasnya.

Beberapa pakar mengatakan Korea Utara sedang berupaya meningkatkan hubungan dengan Jepang sebagai cara untuk melemahkan kemitraan keamanan trilateral Tokyo-Seoul-Washington, sementara Kishida menginginkan hubungan yang lebih baik dengan Korea Utara untuk menaikkan peringkat popularitasnya yang menurun di dalam negeri.

AS dan Korea Selatah telah memperluas latihan militer mereka dan latihan trilateral yang diikuti Jepang sebagai tanggapan atas uji coba senjata Korea Utara yang provokatif sejak 2022.

Senin pagi, media pemerintah Korea Utara mengatakan bahwa Kim Jong Un memeriksa latihan tank dan mendorong pasukan lapis bajanya untuk mempertajam persiapan perang dalam menghadapi meningkatnya ketegangan dengan Korea Selatan. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG