Tautan-tautan Akses

Korut Bersedia Berbicara dengan AS, dengan Persyaratan yang Tepat


Choe Son Hui, Wakil Dirjen Deplu Kementerian Luar Negeri Korea Utara, memberi briefing kepada wartawan di luar kedutaan Korea Utara di Beijing, China, 23 Juni 2016. (Foto: dok).

Seorang diplomat senior Korea Utara mengatakan hari Sabtu Pyongyang bersedia berbicara dengan Amerika Serikat, dengan persyaratan yang tepat,

Choe Son-hui, Direktur Jenderal Urusan Amerika di Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan demikian ketika berbicara kepada para wartawan di Bandara Internasional Beijing ketika ia pulang dari Norwegia.

“Kita akan berdialog kalau persyaratannya ada,” katanya, menurut kantor berita Yonhap, ketika ditanya apakah Korea Utara bersedia mengadakan pertemuan dengan pemerintahan Trump. Di Oslo, Choe bertemu dengan para dosen dan mantan pejabat Amerika.

Para pejabat Amerika belum menanggapi pernyataan Choe itu.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan bulan lalu konflik besar dapat terjadi dengan Korea Utara, tetapi ia lebih menyukai solusi diplomatic daripada konflik atas program nuklir dan misil Korea Utara.

Kemudian, Trump mengatakan ia akan merasa mendapat kehormatan kalau bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dengan persyaratan yang benar.

Moon Jae-in, presiden Korea Selatan yang memangku jabatan presiden pekan lalu mengatakan ia juga bersedia pergi ke Korera Utara dengan persyaratan yang benar. [gp]

XS
SM
MD
LG