Tautan-tautan Akses

Korsel Usulkan Proyek Hujan dengan China untuk Bersihkan Udara Seoul


Seorang pria mengenakan masker sambil mengayuh sepedanya di tepi sungai Han, Soul, Korea Selatan, 6 Maret 2019.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengusulkan sebuah proyek bersama dengan China untuk menggunakan hujan buatan untuk membersihkan udara di negaranya, di mana tingkat polusi terus meningkat dan mengkhawatirkan.

Menurut juru bicara presiden, Kim Eui-kyeom, Moon juga menginstruksikan para pejabat pemerintahnya, Rabu, untuk segera menonaktifkan instalasi-instalasi pembangkit listrik tenaga batubara negara itu.

Seoul sedang kesulitan menangani polusi udara yang menurut para pakar terkait dengan aktivitas industri China dan emisi mobil-mobil Korea Selatan. Kadar partikel debu halus di Korea Selatan telah mencapai tingkat tertinggi baru pekan lalu, sehingga memaksa banyak orang menggunakan penutup wajah saat berpergian di udara terbuka,

Ketika ditanya pendapatnya mengenai usulan Moon, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang mengatakan, kerjasama itu baik tapi membantah klaim Seoul bahwa China merupakan sumber utama masalah polusinya.

Kadar konsentrasi debu halus di Seoul, menurut Lembaga Nasional Riset Lingkungan, mencapai 136 mikrogram per meter kubik. Padahal kadar, 75 mikrogram per meter kubik saja sudah dianggap sangat buruk. [ab]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG