Tautan-tautan Akses

Korsel Serukan Keterlibatan Ekonomi dengan Korut


Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berpidato pada sesi ke-74 Majelis Umum PBB di markas besar AS di New York City, New York, AS, 24 September 2019. (Foto: Reuters / Brendan Mcdermid)

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menyerukan keterlibatan ekonomi dengan Korea Utara sebagai imbalan atas kemajuan perlucutan senjata nuklir.

Moon Jae-in, yang lebih suka menjangkau Korea Utara, juga mengatakan kepada para pemimpin di sidang Majelis Umum PBB bahwa negaranya “akan menjamin keamanan Korea Utara." Dia berharap Korea Utara akan melakukan hal yang sama bagi Korea Selatan.

Moon Jae-in menambahkan, jaminan keamanan bersama akan memungkinkan perlucutan senjata nuklir dan perdamaian tercapai lebih cepat di Semenanjung Korea, yang secara teknis masih berada dalam keadaan perang.

Lebih jauh ia menyerukan “zona damai internasional” diantara kedua Korea dengan kantor-kantor PBB dan kelompok internasional lain yang berdinas di sana.

Meskipun ada serangkaian pertemuan tingkat tinggi antara Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan antara Presiden Amerika Donald Trump dan Kim, masih ada kebuntuan tentang bagaimana membuat Korea Utara benar-benar mengakhiri program nuklir dan rudalnya. [em/ii]

XS
SM
MD
LG