Tautan-tautan Akses

Korsel Nyatakan Tiongkok Sepakati Jalur Perundingan Enam Partai


Perunding utama Tiongkok, Wu Dawei, setuju dengan perundingan langsung antara Korut dan AS.
Perunding utama Tiongkok, Wu Dawei, setuju dengan perundingan langsung antara Korut dan AS.

Seoul dan Beijing sepakat perundingan seyogyanya berlangsung antara Korea Utara dan AS sebelum negara-negara lain dilibatkan.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan perunding utama nuklir Tiongkok mendukung gagasan bersama mereka bahwa Korea Utara dan Korea Selatan harus membangun dialog bilateral terlebih dulu, bagi dimulainya kembali perundingan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara.

Media Korea Selatan mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan Seoul dan Beijing juga sepakat bahwa perundingan langsung seyogyanya berlangsung antara Korea Utara dan Amerika Serikat sebelum negara-negara lain, termasuk Rusia dan Jepang, dilibatkan dalam pembicaraan.

Pejabat tersebut memberi briefing kepada wartawan, Rabu, di Seoul, di mana perunding Tiongkok Wu Dawei bertemu dengan para pejabat Korea Selatan. Suatu delegasi pribadi tingkat tinggi yang dipimpin mantan presiden Amerika Jimmy Carter dijadwalkan tiba di Seoul, Kamis, setelah bertemu dengan para pejabat senior di Pyongyang.

Kantor berita resmi Korea Utara menyatakan bahwa delegasi, yang mencakup tiga mantan kepala negara Eropa, Selasa malam bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Ui-chun. Kantor berita Jepang, Kyodo, menyebutkan kelompok tersebut, Rabu, bertemu dengan Kim Yong-nam, pejabat tertinggi kedua Korea Utara.

Sebelum bertolak ke Pyongyang, Carter mengatakan rombongannya berharap dapat bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il dan putranya, Kim Jong-un.

XS
SM
MD
LG