Tautan-tautan Akses

Korsel Janjikan Kerja Sama dengan ASEAN dalam Perjuangan Melawan COVID-19


Seorang ahli medis yang mengenakan pakaian pelindung mengumpulkan sampel swab dari seorang pelancong yang telah kembali dari Da Nang, di pusat pengujian cepat COVID-19 di Hanoi, Vietnam, 8 Agustus 2020. (Foto: REUTERS/Kham)

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong, Selasa (3/8), berjanji bahwa Korea Selatan akan bekerja sama dengan negara-negara ASEAN dalam mengatasi pandemi COVID-19.

“Dalam perjuangan kita melawan COVID-19, tidak satupun negara aman sebelum setiap negara aman,” kata Chung. Ia kemudian menyerukan “solidaritas dan kerja sama global yang kuat” untuk memerangi COVID-19, dalam pidato pembukaannya bagi pertemuan virtual tingkat menteri antara Korea Selatan dan kesepuluh anggota ASEAN.

“Untuk mengatasi pandemi dan menciptakan masa depan yang lebih baik, Republik Korea akan bekerja bersama dengan para anggota ASEAN dengan sepenuhnya berinvestasi dalam prioritas-prioritas yang ditetapkan dalam New Southern Policy Plus (Kebijakan Selatan Baru Plus), menyelaraskannya dengan tujuan-tujuan dalam Kerangka Kerja Pemulihan Komprehensif ASEAN,” kata Chung.

Chung dijadwalkan bergabung dalam pertemuan virtual lainnya dengan ASEAN pekan ini, termasuk di antaranya pertemuan ASEAN Plus Tiga dengan Tiongkok dan Jepang, dan Forum Regional ASEAN, di mana Korea Utara mungkin turut berpartisipasi. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG